5 Alat Musik Sunda Tradisional yang Harus Dijaga Kelestariannya

 

Siapa yang tidak suka mendengar lantunan merdu suara alunan musik yang dimainkan. Seperti misalnya dari peralatan musik yang ada di tanah Sunda. Di kalangan muda, peralatan musik ini juga semakin dikenali. Tidak hanya di tanah air saja, di kancah mancanegara hal tersebut pun juga banyak diminati. Terlebih dengan beragam evet internasional yang telah mengangkat alat musik Sunda tersebut. Simak ulasan berikut ini untuk penjelasan lebih lengkapnya.

Peralatan Musik Tradisional Khas dari Tanah Pasundan

  1. Angklung

Peralatan musik yang pertama adalah angklung. Angklung sendiri merupakan ikon budaya tradisional khas dari Jawa Barat. Untuk memainkannya, seseorang harus menggoyangkan angklung dengan pola tertentu. Banyak orang yang telah mengenal peralatan bersuara merdu yang satu ini. Bahkan PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) telah menetapkan angklung sebagai peralatan musik asli dari tanah air melalui UNESCO.

  1. Calung

Tidak hanya angklung saja, calung juga merupakan peralatan musik tradisional khas dari tanah Sunda. Cara untuk memainkan peralatan musik calung sendiri juga berbeda dengan angklung. Bahan pembuatan yang dipakai adalah dari bambu hitam atau biasa disebut dengan awi wulung. Namun terdapat pula yang membuat alat musik Sunda ini dari bambu putih atau awi temen.

  1. Suling

Peralatan musik yang dimaikan dengan cara ditiup ini juga merupakan khas dari daerah Sunda. Namun di beberapa daerah lain memang juga terdapat suling sebagai peralatan musik tradisionalnya. Akan tetapi, nama dan ciri ciri dari suling tersebut biasanya akan berbeda antara satu dengan lainnya. Jika dilihat dari bentuknya, Suling memiliki perbedaan tersendiri. Selain itu dapat dilihat pula dari alunan nada dan bunyi yang dihasilkan dari suling tersebut.

  1. Karinding

Karingding adalah peralatan musik berikutnya yang berasal dari tanah pasundan. Dulunya karinding tersebut dipakai untuk mengusir hama yang terdapat di sawah. Lalu kemudian peralatan yang terbuat daru bambu dan pelepah kawung ini dipakai oleh kaum adam untuk memikat hati wanita. Alat musik Sunda ini juga mampu mengeluarkan bunyi yang khas saat sedang dimainkan.

  1. Celempung

Peralatan musik berikutnya yang mampu untuk menghasilkan suara khas dari Sunda adalah celempung. Celempung ini sendiri dibuat dari bambu jenis gombong. Selain itu juga akan dilengkapi dengan senar yang terbuat dari sembilu bambu. Cara untuk memainkan cemepung adalah dengan dipukul dan jiuga membuka tutup ruas pada bagian atasnya. Uniknya dengan hal tersebut, suara yang dihasilkan akan menyerupai gong.

Terdapat banyak peralatan musik khas Sunda yang bisa kamu temui saat ini. Setiap alat tersebut juga memiliki daya tarik dan ciri khasnya masing masing. Cara untuk memainkannya juga terbilang beragam. Mulai dari diayungkan hingga dipukul menggunakan telapak tangan. Tentu warisan budaya khas nusantara ini harus senantiasa dijaga kelestariannya hingga masa mendatang.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *