Tidak Sembarangan,Berikut Aturan Bersepeda Di Jalan Raya

 

Tren bersepeda kini semakin hari semakin meningkat, terutama di kota kota besar. Bersepeda memang salah satu aktivitas menyenangkan sekaligus menyehatkan. Namun ternyata, terdapat peraturan dalam bersepeda yang harus ditaati oleh pesepeda. Apalagi jika bersepeda di jalan raya yang tentunya lalu lintasnya tak hanya sepeda. Agar aman dan nyaman, berikut aturan bersepeda di jalan raya yang harus anda ketahui. Simak ulasannya.

Peraturan Dalam Bersepeda Yang Harus Diperhatikan dan Ditaati

  1. Diwajibkan Menggunakan Perlengkapan Keselamatan

Helm sepeda menjadi salah satu pelengkapan keselamatan yang diwajibkan ketika anda bersepeda. Memang terlihat bersepeda ini sebagai olahraga yang tak sulit, apalagi jika sudah terbiasa. Namun risiko selalu ada dalam semua olahraga, begitu juga dengan bersepeda. Dengan menggunakan perlengkapan keselamatan, maka akan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tentunya bisa menimpa siapapun di jalan raya.

Posisi bersepeda sebenarnya lebih rawan mengalami kecelakaan di bandingkan dengan kendaraan lainnya. Sebab saat ini, pesepeda menjadi minoritas di jalan raya. Bahkan lajur khusus pesepeda juga kadang kerap digunakan pengguna jalan lainnya Untuk itu ada baiknya jika menggunakan safety gear seperti helm untuk mengamankan diri. Kemenhub, bahkan akan menjadikan penggunaan helm sebagai aturan bersepeda yang harus ditaati oleh semua pesepeda.

  1. Mematuhi Aturan Lalu Lintas

Aturan lalu lintas tidak hanya diperuntukkan untuk kendaraan bermotor saja. Memang para pesepeda tidak akan mendapatkan sanksi atau tilang layaknya pengguna jalan lainnya. Namun mematuhi peraturan lalu lintas tetap menjadi kewajiban pengguna jalan. Saat lampu merah, kita juga tetap harus berhenti dan sebaiknya di belakang zebra cross. Menerobos lampu merah juga akan membahayakan diri kita sendiri, jadi sebaiknya taati saja.

Terkait dengan aturan berada di jalan raya, akan diatur bahwa pesepeda tidak boleh berjalan berdampingan dengan kendaraan lainnya. Apalagi jika terus beriringan sembari mengobrol, tentunya anda sering menemukan hal seperti ini di jalan raya. Kecuali jalan berdampingan ini memang sudah diatur oleh rambu lalu lintas. Dengan begitu kita akan tetap aman di jalan dan tidak menghalangi pengguna jalan yang lainnya.

  1. Dilarang Menggunakan Earphone atau Gawai

Ketika anda menyaksikan balap sepeda yang profesional, apakah anda melihat mereka menggunakan earphone? Tentunya tidak bukan. Dan hal ini menjadi aturan yang sebaiknya tidak dilanggar dalam bersepeda. Menggunakan ponsel maupun memakai earphone akan membahayakan diri anda sendiri ketika bersepeda. Ketika menggunakan earphone kita bisa saja tidak mendengar ketika ada klakson maupun tanda yang berkaitan dengan pendengaran.

Begitu juga dengan aturan bersepeda yang tak boleh menggunakan gawai. Ponsel akan mengganggu aktivitas anda selama anda bersepeda. Bukan hanya sepeda saja sebenarnya, menggunakan gawai juga tak diperbolehkan untuk kendaraan yang lainnya. Terlalu fokus dengan layar membuat kita lengah dan tidak memperhatikan sekelilingnya. Ada baiknya jika memang penting, berhenti dan menepi terlebih dahulu untuk menggunakan ponsel pintar anda.

  1. Berbagi Dengan Kendaraan Lain

Kita mesti tahu jika jalan raya bukanlah milik sendiri, kita berbagai dengan kendaraan lainnya yang juga akan melintas. Kita sebagai pesepeda sebaiknya tak memiliki rasa yang selalu ingin dimengerti, namun juga harus mengerti. Saling menghargai dengan sesama pengguna jalan akan membuat anda aman selama bersepeda. Mengingat sepeda bukanlah kendaraan bermotor, anda bisa menggunakan tangan anda untuk memberi tanda.

Memberi tanda juga sebaiknya tidak mendadak, sehingga kendaraan di belakang atau di depan anda bisa bersiap siap. Selain itu pastikan anda tidak melawan arus lalu lintas sekalipun anda bukan kendaraan bermotor. Pemerintah bahkan akan membatasi jumlah pesepeda dalam aturan bersepeda nantinya. Dimana dalam satu jalur tak boleh melebihi dua orang pengendara sepeda. Mengingat saat ini sedang marak bersepeda dengan kelompok yang memakan jalan.

  1. Dilarang Membawa Penumpang

Aturan yang harus dipatuhi selanjutnya adalah tidak membawa penumpang. Terutama untuk sepeda yang memang memiliki tempat duduk tunggal. Jika memang tersedia tandem atau terdapat boncengan, maka tidak boleh melebihi dari kapasitasnya. Hal ini juga berkaitan dengan keselamatan. Dahulu masih ada yang berdiri di belakang, yang tentunya berbahaya karena bisa menghalangi pandangan pengguna jalan yang berada di belakang kita.

  1. Kecepatan Sepeda

Mengayuh sepeda dengan kecepatan kencang memang menjadi keseruan untuk beberapa orang. Namun ternyata hal ini menjadi aturan yang tak boleh dilanggar, terutama jika anda bersepeda di jalan raya. Terdapat aturan yang bahkan sudah diatur oleh undang undang secara resmi. Jika kecepatan sepeda tak boleh melebihi 45 km/jam di jalanan umum. Ada baiknya jika anda tak terlalu memburu waktu yang justru mempertaruhkan keselamatan anda.

  1. Berjalan di Jalur Yang Seharusnya

Aturan ini ditujukan kepada mereka yang masih senang berkendara di trotoar. Trotoar adalah milik pejalan kaki, sehingga tidak sebaiknya kita mengambil hal tersebut. Aturan bersepeda ini tujuannya juga untuk keselamatan para pesepeda sendiri. Apabila di jalan tersebut memang tak tersedia jalur khusus, anda masih bisa berkendara di sisi kiri jalan. Trotoar bukan untuk pesepeda atau kendaraan yang lainnya sehingga berjalan saja di jalur seharusnya.

Selain untuk menghargai pengguna jalan lainnya, anda juga bisa terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Trotoar umumnya memiliki medan yang tidak rata, naik turun atau bahkan licin. Sekalipun sepeda anda menggunakan teknologi tinggi, ada baiknya untuk tetap berjalan di jalan yang seharusnya. Meskipun di jalan raya, medan yang lainnya lebih baik daripada harus merampas hak pejalan kaki.

  1. Menjaga Jarak Aman

Aturan selanjutnay yang juga harus diperhatikan adalah menjaga jarak aman. Tak jarang lalu lintas dalam kondisi yang padat, banyak kendaraan yang lebih besar dekat dengan kita. Untuk itu usahakan untuk tidak mepet dengan kendaraan lainnya, sebab mereka bisa saja mengerem mendadak. Kemungkinan besar jika terjadi, anda akan terjatuh atau bahkan mengalami kecelakaan. Untuk itu ada baiknya taati aturan bersepeda satu ini.

Melihat pesepeda yang bekelompok dan umumnya menggunakan jersey sepeda custom, menjadi pemandangan yang begitu biasa kini. Mereka juga bergabung di jalan raya dengan kendaraan lainnya, anda mungkin menjadi salah satu bagiannya. Untuk tetap aman dan nyaman bersepeda, ada baiknya untuk tetap mematuhi segala peraturan yang ada. Apalagi jika sudah ada undang undang resminya, tentunya pesepeda harus tahu bukan?

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *