Cara Kirim Barang Lewat Grab

Masa pandemi mengharuskan kita tetap berada di rumah saja. Tidak perlu keluar rumah untuk hal-hal yang tidak urgent. Lantas, bagaimana jika kita ingin mengirimkan sesuatu kepada sanak keluarga yang tinggal tidak terlalu berjauhan dari tempat tinggal kita?

Era sekarang ini sebetulnya segala sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Salah satunya jika kamu hendak mengirim barang. Ada layanan yang disediakan oleh aplikasi Grab untuk memudahkan kamu dalam mengirim barang. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara kirim barang lewat Grab.

Cara Kirim Barang Lewat Grab

Grab adalah platform yang menyediakan layanan transportasi dan Dispatch services for owner operators yang bermarkas di Singapura. Grab merupakan perusahaan teknologi mobile terbesar di Asia Tenggara. Saat ini Grab memiliki banyak layanan mulai dari GrabJek, GrabCar GrabFood, GrabExpress, GrabRewards, GrabFresh, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi permasalahan pengiriman barang di kala pandemi, GrabExpress bisa menjadi solusinya. GrabExpress merupakan salah satu layanan dari Grab yang bisa mengirimkan barang ke alamat yang dituju dalam jangkauan Grab. Tidak semua barang bisa kamu kirimkan menggunakan layanan GrabExpress.

Ketentuan barang yang bisa dikirim menggunakan GrabExpress

Beberapa barang tidak boleh dikirim menggunakan GrabExpress yaitu minuman beralkohol, barang pecah belah, barang yang tidak dikemas dengan baik, obat-obatan, barang yang memerlukan penanganan khusus seperti makanan dan minuman yang membutuhkan pendingin, uang tunai, dan apa pun yang dilarang oleh ketentuan undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia.

Barang yang hendak dikirim menggunakan layanan GrabExpress harus memiliki ukuran tidak lebih dari 25 cm X 32 cm X 12 cm. Berat barang yang akan dikirim maksimal memiliki bobot 5 kg. GrabExpress tidak memiliki jumlah minimum pengiriman paket.

GrabExpress beroperasi setiap hari selama 24 jam. grabExpress ini juga beroperasi di banyak wilayah di Indonesia, seperti daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Makassar, Palembang, Bali, Lampung, Balikpapan, Manado, Padang, Banjarmasin, Batam, Ambon, Kendari, Palu, Jambi, Aceh, Jayapura, Tanjung Pinang, dan lainnya.

Layanan GrabExpress bisa menjadi pilihan kamu untuk melakukan pengiriman barang. GrabExpress memiliki beberapa keunggulan sehingga tepat untuk kamu pilih.

Keuntungan menggunakan GrabExpress

  •         Mudah

Ya, pengiriman barang menggunakan GrabExpress sangatlah mudah, kamu tidak perlu bepergian kesana kemari. Kamu cukup membuka smartphone kamu dan masuk ke aplikasi Grab. Semua bisa kamu lakukan cukup dengan aplikasi Grab di smartphone kamu.

  •         Aman

Mengirim barang menggunakan GrabExpress terjamin keamanannya. Paket yang kamu kirim akan diasuransikan dengan nilai mencapai Rp10.000.000,00. Kurir juga sudah terlatih dalam mengantarkan barang sampai tujuan dengan baik dan aman.

  •         Pasti

GrabExpress memberikan informasi terkait kurir yang mengantar barang kamu mulai dari profil, nomor telepo, dan plat nomor kendaraan. Perkiraan waktu barang tiba ke penerima dan estimasi harga juga diinformasikan. Kamu juga bisa melacak pengiriman barang kamu dan membagikannya dengan fitur “Share my ride”

  •         Cepat

Pengiriman menggunakan GrabExpress tidak membutuhkan waktu lama sehingga tidak perlu lagi menunggu agar barang sampai. Barang yang telah dikirimkan akan sampai ke penerima pada hari yang sama.

Cara kirim barang lewat Grab sangatlah mudah. Jika kamu belum mengetahui caranya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Kirim Barang Lewat GrabExpress

  •         Buka aplikasi Grab di smartphone kamu
  •         Login dengan akun Grab kamu
  •         Pilih layanan GrabExpress
  •         Masukkan lokasi penjemputan barang dan lokasi tujuan pengiriman barang
  •         Pilih “Kurir”/ “Delivery”
  •         Pilih “Selanjutnya” jika perkiraan harga sudah muncul
  •         Masukkan data penerima barang secara rinci untuk memudahkan kurir GrabExpress mencari penerimanya
  •         Klik pada “Pesan GrabExpress” jika semua data dan ketentuan telah diisi dengan lengkap
  •         Kamu bisa melacak kurir dalam perjalanannya dan membagikan info ke penerima dengan menggunakan fitur “Share my rides”

Metode pembayaran GrabExpress

Grab memberikan berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih. Selain itu Grab juga menyediakan voucher yang bisa kamu gunakan saat melakukan transaksi layanan. Adanya voucher, kamu bisa membayar dengan harga yang lebih murah. Berikut metode pembayaran Grab.

Metode Tunai

Pada era pandemi seperti ini, pembayaran tunai tidak disarankan. Jika terpaksanya harus membayar secara tunai, maka uang harus dimasukkan ke dalam amplop agar tidak ada kontak langsung dengan kurir.

OVO

OVO merupakan sarana pembayaran elektronik yang disediakan oleh Grab. Untuk menggunakan OVO kamu perlu mengisi saldo OVO terlebih dahulu melalui driver atau transfer. Jika kamu melakukan pembayaran menggunakan OVO, kamu akan mendapat poin GrabReward lebih banyak dan banyak potongan harga.

Kartu Kredit atau Debit

Kini kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau debit. Namun jika ingin menggunakan kartu kredit/ debit, maka kartu kamu harus sudah terverifikasi dengan 3D secure.

Itulah cara kirim barang lewat Grab. Kamu tidak perlu khawatir barang kamu tidak sampai ke penerima. Grab akan mengembalikan barang kepada pengirim apabila penerima tidak dapat dihubungi untuk menerima barang yang dikirimkan.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *