Pipa AC Berembun, Armaflex Lembaran Bisa Jadi Alternatif Solusi

pixabay.com

Mungkin Anda sebagai pengguna AC sudah biasa melihat pipa AC yang berembun. Ya, kondisi pipa AC yang terdapat titik-titik air di permukaannya ini memang hal yang dibilang normal. Adanya embun ini menjadi tanda bahwa unit sedang beroperasi dan terjadi proses kondensasi, kondisi normal pada unit mesin pendingin. Tetapi jika jumlah embun terlalu banyak hingga mengganggu, siapkan armaflex lembaran untuk mencoba memperbaikinya.

Proses Terjadinya Pengembunan pada Pipa AC

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa danya embun pada pipa-pipa AC merupakan hal yang normal. Yang menjadi masalah adalah pada saat jumlah air embun tersebut terlalu banyak atau tidak wajar hingga merembes ke area di sekitarnya. Ya, biasa saja air hasil pengembunan tersebut berpindah ke area lain di sekitar pipa seperti dinding, plafon atau bahkan menetes hingga ke lantai.

Pada kondisi seperti ini, embun berlebih tentu saja bisa merusak dinding dan plafon karena akan menimbulkan jamur yang merusak interior ruangan. Tak hanya itu, kondisi ini juga bisa memicu kerusakan lain pada elemen bangunan tersebut. Belum lagi jika Anda harus menyediakan ember untuk menampung air dari pengembunan berlebih tersebut. Pastinya sangat tidak nyaman, bukan?

Lalu mengapa bisa terjadi pengembunan yang tidak wajar pada pipa AC ini?  Nah, agar Anda dapat mengatasi masalah ini dengan tepat dan akurat, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana proses terjadinya pengembunan ini. Dengan demikian, Anda tidak panik dan bisa menerapkan langkah yang perlu diambil untuk penanganan yang efektif.

Adanya embun pada pipa AC menjadi tanda bahwa unit sedang bekerja sebagaimana mestinya. Embun merupakan hasil dari proses pendingan oleh perangkat AC, dimana mesin kompresor bekerja merubah tekanan rendah menjadi tekanan tinggi menggunakan bantuan bahan pendingin (gas refrigerant/ freon) lalu dialirkan ke pipa. Perubahan tekanan ini kemudian menghasilkan suhu temperatur yang lebih rendah, atau suhu dingin.

Apabila suatu benda (pipa) terpapar oleh suhu yang lebih rendah, maka udara yang mengandung uap air di sekitarnya akan mengembun dan menempel pada benda tersebut. Inilah yang kemudian  memicu munculnya titik-titik air di permukaan pipa AC. Maka dari itu, pipa AC yang berembun saat unit sedang beroperasi adalah hal yang wajar dan normal.

Cara untuk Mengendalikan Masalah Kondensasi

Sebagai salah satu hal yang normal, instalasi AC pun juga harus memperhatikan masalah kondensasi ini. Biasanya pada saat pemasangan, pipa AC akan dilapisi dengan semacam bahan lembaran spon berwarna hitam ataupun putih. Bahan yang biasanya disebut sebagai armaflex lembaran ini memiliki fungsi yang kompleks dimana salah satunya adalah untuk menyerap embun.

Dengan menggunakan lapisan armaflex pada pipa, air embun menjadi lebih terkendali karena tidak lagi membasahi area lain seperti tembok dan plafon. Seperti yang diketahui bahwa pipa AC ini biasanya dilewati oleh instalasi pipa AC. Lapisan ini memiliki fungsi utama antara lain

Pembungkus Pipa AC

Armaflex pada dasarnya digunakan sebagai lapisan pembungkus untuk pipa paralon. Akan tetapi bahan armaflex ternyata juga dapat diaplikasikan pada pipa AC. Lembaran yang dapat dipakai sebagai pelapis pipa tembaga ini digunakan agar pipa tersebut tidak mudah mengalami kerusakan karena korosi. Pembungkus ini juga bisa menjadi media yang dapat mencegah suhu panas dan dingin yang kemudian memicu kondensasi berlebih.

Mengendalikan Kondensasi

Lembaran ini juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya pengembunan pada pipa tembaga pada instalasi AC. Hal ini karena embun yang terus keluar dan dibiarkan dapat memicu korosi yang mungki tidak disadari oleh para pengguna.

Masalah pada proses kondensasi biasanya terjadi karena air embun berhasil keluar menembus lapisan pembungkus pipa hingga meneteskan air ke area yang tidak diinginkan. Inilah yang kemudian menjadi masalah. Entah karena lapisan pelindung yang sudah kehilangan kemampuannya atau karena ada kerusakan pada pipa, kebocoran ini bisa sangat mengganggu.

Apabila masalah kondensasi ini dikarenakan oleh lapisan pembungkus pipa yang sudah berkurang kualitasnya, maka penggantian lapisan armaflex bisa Anda terapkan. Anda bisa mendapatkan lapisan ini dengan mudah di toko-toko sparepart AC. Di toko-toko online, harga jual armaflex lembaran ini juga tidak berselisih banyak jika di kota Anda tidak tersedia. Penggantian ini bisa dilakukan asal kondisi pipa tembaga masih layak tidak ada kerusakan.

Lain lagi jika kondisi pipa memang sudah tidak layak digunakan. Anda harus melakukan penggantian pipa baru berikut lapisan armaflex baru  apabila pipa yang ada sudah mengalami korosi yang kemudian menyebabkan freon bocor dan sebagainya. Di pasaran sendiri tersedia pipa yang sudah dilengkapi dengan armaflex jika Anda tidak ingin membeli secara terpisah.

Sebagai kesimpulan, embun yang terdapat pada pipa AC merupakan kondisi yang wajar. Hal ini menjadi tanda bahwa perangkat AC di rumah Anda sedang bekerja mendinginkan suhu ruangan. Kondisi ini juga  menjadi indikator bahwa unit AC normal dengan kompresor yang bekerja dengan baik sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda tidak perlu panik terkait embun. Kecuali jika embun tersebut keluar secara berlebih hingga mengalir kemana-mana.