Cara Live Streaming di Facebook dari Smartphone dan Laptop

 

Facebook menambahkan fitur live streaming di tahun 2015. Ini merupakan jawaban dari permintaan user untuk memberikan konten live dan interaktif. Konsep dari fitur ini yaitu acara live dimana akun membagikan apa yang sedang mereka lakukan. Agar berlangsung dengan aman dan lancar, kamu perlu mengetahui cara live streaming di facebook yang benar. Persiapannya adalah perangkat dan koneksi. Kamu ingin mengetahui lebih lanjut dan kangsandi.id akan menjelaskan lebih lanjut.

Lebih Lanjut Tentang Cara Live Streaming di Facebook

  • Live streaming di aplikasi

Cara live streaming di facebook yang pertama adalah dari aplikasi mobile. Facebook sudah tersedia untuk platform android dan ios. User dapat melakukan acara live secara langsung. Caranya adalah buka aplikasi tersebut lalu pilih menu posting. Setelah itu, ada simbol kamera dan segera tap. Kamu akan diarahkan ke menu live streaming. Langkah berikutnya adalah memilih kamera depan atau belakang. Jika menggunakan kamera depan, orang lain akan melihat kamu secara langsung. Sistem ini mirip video call. Apabila memiliki kamera belakang, penonton akan melihat semua konten berasal dari kamera tersebut. Fitur lain yang terkait live streaming yaitu mengaktifkan notifikasi dan memberikan kesempatan penonton untuk berinteraksi. Live di smartphone sangat praktis karena tidak membutuhkan bandwidth yang besar. Selain itu, kamu dapat mengatur level resolusi dan suara. Cek baterai sebelum melakukan acara live tersebut agar tidak terputus di tengah jalan.

 

  • Live streaming dari laptop atau komputer

Cara lain untuk melakukan live streaming facebook adalah dari laptop atau komputer. Jika memakai laptop, kamu cek dulu apakah webcam tersedia dan sudah aktif. Setelah itu, berikan akses kamera tersebut kepada situs facebook. Untuk komputer, kamu membutuhkan kamera eksternal yang nanti dikoneksikan ke sistem. Cara ini memang cukup ribet karena live streaming awalnya untuk smartphone. Laptop sangat dianjurkan karena semua hardware telah tersedia.  Website facebook telah mendukung fitur live streaming dengan cara ini. Kamu tidak perlu khawatir mengenai akses dan apapun. Seperti biasa masuk ke menu posting lalu pilih ikon kamera. Halaman live streaming akan muncul dan atur kamera.

 

  • Cara live streaming yang lain

Selain dari smartphone dan laptop, kamu dapat melakukan live streaming dengan cara lain. Misalnya, user menghubungkan laptop atau komputer ke kamera. Berbeda dari webcam, kamera ini memang khusus untuk merekam video beresolusi tinggi.  Saat memakai perangkat itu, kamu seolah sedang melakukan siaran resmi. Keuntungannya adalah kualitas gambar sangat jernih. Agar suara juga memiliki kualitas yang sama, kamu membutuhkan microphone dengan spesifikasi terbaik. Cara lain live streaming adalah dari perangkat yang mampu membuka facebook dan memiliki kamera. Satu lagi yang tidak boleh lupa yaitu koneksi. Kamu membutuhkan internet cepat dan stabil. Live streaming dengan cara ini berbeda dari smartphone. Jadi, pastikan semua perangkat dan sistem mendukung sebelum lanjut melakukan live streaming.

Tentang Live Streaming Facebook

  • Interaksi dengan penonton

Setelah mengetahui cara live streaming di facebook, kamu perlu mengerti beberapa fitur penting. Tujuan live streaming yaitu orang lain atau user dapat melihat apa yang kamu lakukan. Pada awalnya, fitur seperti ini hanya sebatas video pendek. Member facebook dapat mengirim video tersebut via pesan atau posting. Setelah itu, fitur bertambah dimana video tidak lagi terpisah tetapi live streaming. Kamu akan menemukan menu untuk mengajak orang lain menonton. Selanjutnya, menu tersebut ditambahkan fitur interaksi. Orang yang menonton dapat mengirim pesan dan berkomunikasi apapun.

 

  • Privasi

Satu lagi yang penting dari fitur live streaming facebook yaitu privasi. Kamu dapat mengatur siapa saja yang dapat menonton dan menerima akses. Selain itu, privasi lain adalah menentukan cara interaksi. Live streaming dapat berbentuk acara satu arah. Secara umum, fitur ini membutuhkan kamera sehingga mampu menampilkan video. Namun, kamu dapat membuat live streaming tanpa video. Ide ini termasuk aneh dan tidak biasa karena bukan tujuan utama fitur tersebut. Sistemnya mirip live podcast. Tentu saja, kamu cukup menutup kamera sehingga tidak lagi menyiapkan video.

 

  • Live streaming untuk waktu lama

Berapa maksimal waktu live di facebook? Saat masih baru, akses live 30 menit sudah sangat lama. Kendala saat itu adalah baterai untuk yang memakai smartphone. Bagi pengguna laptop, live streaming jangka panjang bukan kendala. Selama internet lancar, kamu bebas melakukan hingga 24 jam. Meskipun tidak ada batasan, user dan member perlu memikirkan konten yang tepat ketika ingin memakai acara live tersebut. Fitur ini dapat dipakai untuk acara hiburan dan promosi. Kamu bahkan sering mengikuti akun tertentu seperti brand, artis, dan sejenisnya. Mereka mengadakan sesi live untuk berinteraksi dengan para penonton. Fitur live ini termasuk revolusi di bidang broadcasting. Tanpa perlu perangkat mahal, siapapun dapat melakukan acara live dan menyiapkan konten tanpa jeda.  Facebook mengerti apa yang dibutuhkan para member. Developer ini bahkan mengintegrasikan akun ke marketplace. Kamu dapat langsung promosi dan menjual produk dengan fasilitas live streaming tersebut. Inilah yang membuat facebook tetap eksis hingga saat ini.