Cara Mengubah Bahasa Di Laptop pada Semua Sistem Operasi Windows

Cara mengubah bahasa di Laptop bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung dari sistem operasi Windows yang digunakan. Hal paling mendasar seperti ini pastinya Anda sudah sangat memahaminya.

Namun terlepas dari itu semua, cara untuk mengubah bahasa di Laptop bukanlah perkara yang sulit. Bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Baik itu pada Laptop yang menggunakan Windows 7, 8, maupun 10.

Sayangnya masih banyak yang belum bisa melakukannya sendiri. Padahal jika Anda mencobanya, saya jamin pasti bisa. Nah, untuk Anda yang ingin mencobanya, seperti inilah cara mengubah bahasa pada Laptop.

Mengubah Bahasa Di Laptop pada Windows 7

Meskipun Windows 7 dirasa sudah ketinggalan, namun faktanya masih banyak yang menggunakan pada Laptopnya. Wajar saja demikian, pasalnya Windows 7 di klaim paling ringan jika dibanding dengan Sistem Operasi Windows lainnya.

Nah, untuk Anda yang kebetulan pada Laptopnya masih menggunakan Windows7, maka seperti inilah cara mengubah bahasanya:

  1. Langsung saja cari menu Control Panel. Jika Anda belum tahu tempatnya, tekan saja menu Start. Nanti akan terlihat beberapa menu. Salah satunya adalah Control Panel.

  2. Setelah menu Control Panel terlihat, maka langsung saja klik menu tersebut. Pada menu Control Panel, akan ada beberapa pilihan menu lagi. Pilih saja menu Clock, Language, and Region. Di sini, Anda akan dibawa masuk ke menu pengaturan lainnya.

  3. Setelah Anda mengklik menu tadi, lanjutkan dengan mengklik menu Change Display Language > Choose a display language > pilih bahasa yang Anda inginkan. Sesuaikan dengan bahasa yang diinginkan seperti bahasa Indonesia.

Ada beberapa catatan penting pada OS Windows 7. Sebab tidak semua bahasa secara otomatis terinstal di dalam sistemnya. Nah, jika bahasa yang Anda inginkan ternyata belum ada, maka harus melakukan update OS terlebih dahulu.

Mengubah Bahasa Di Laptop pada Windows 8

Cara mengubah bahasa di Laptop Windows 8 juga sangat mudah. Meskipun tidak semudah pada Windows 7. Namun untuk melakukannya Laptop harus terhubung dengan jaringan internet terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya lagi, seperti inilah langkahnya:Settings> Change PC Settings> Language Preference> Add Language> Pilih Bahasa> Options > Download and Install Language Pack > Letakkan Bahasa pada Urutan Paling Atas > Restart Laptop.

Itu dilakukan jika bahasa yang ingin Anda gunakan pada Laptop belum terinstal. Namun jika sudah terinstal maka Anda tidak perlu lagi mendownloadnya lagi. Tinggal meletakkan bahasa yang diinginkan pada urutan paling atas.

Mengubah Bahasa Di Laptop pada Windows 10

Mengubah bahasa pada Laptop yang menggunakan Windows 10 pun bisa dikatakan sangat mudah. Untuk lebih jelasnya lagi, seperti inilah langkahnya:

  1. Buka Menu Setting. Caranya bisa Start Menu > Setting atau tekan Windows + I

  2. Setelah itu pilih Time & Language > Region & Language >Add a Language> Set as Default> Restart Laptop.

Nah, setelah Laptop selesai di-restart maka secara otomatis bahasa yang sudah Anda pilih akan menjadi bahasa default Laptop Anda. Kemudian jika ingin mengganti bahasanya lagi, tinggal mengulangi cara seperti tadi.

Mengubah Bahasa Di Microsoft Office

Bagaimana, sudah tahukah Anda bagaimana cara mengubah bahasa pada Microsoft Office? Nah, untuk Anda yang belum tahu caranya, seperti inilah langkah untuk mengubahnya:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh terlebih dahulu Microsoft Office Interface Pack. Pilihlah yang sesuai dengan Microsoft Office yang ada pada Laptop. Misalnya Anda menggunakan Office 2016. Maka unduh Microsoft Office Interface Pack 2016.

  2. Setelah berhasil diunduh, buka lalu Install. Setelah itu klik Start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Tools > Microsoft Office 2016 Language Setting.

  3. Setelah itu Uncheck opsi Set the Microsoft Office display Language to match the windows display language.

  4. Yang terakhir pilih bahasa yang diinginkan pada menu Display Microsoft Office menus and dialog boxes in > OK.

Dengan demikian, bahasa yang sudah Anda pilih secara otomatis akan menjadi bahasa Default pada Microsoft Office yang digunakan pada Laptop. Bagaimana sangat mudah bukan caranya? Dijamin Anda pasti bisa melakukannya.

Cara mengubah bahasa sebenarnya bukanlah perkara yang sulit dilakukan. Namun faktanya masih banyak yang belum bisa melakukannya. Tetapi berbeda untuk mereka yang sering mencari informasi seputar dunia teknologi. Semisal di www.charis.id. Bagi mereka, cara mengubah bahasa di Laptop adalah hal paling mudah.