Memahami Syarat-Syarat Sah Salat Dan Syarat Wajib Salat Lima Waktu

Memahami apa saja syarat sah sholat sangat penting, terutama bagi umat muslim yang sudah wajib melakukan ibadah sholat lima waktu. Syarat-syarat sholat harus dipenuhi karena akan menjadi penentu apakah sholat yang dilakukan sah atau tidak. Walaupun merupakan syarat wajib, namun hal ini berbeda dengan rukun sholat yang juga wajib dilakukan. Karena rukun sholat masih menjadi bagian dari sholat itu sendiri.

Ada banyak sekali perintah melaksanakan sholat lima waktu di Al-Qur’an, mulai dari surah Ta Ha ayat 14, surah Al-Baqarah ayat 43 dan surah-surah lainnya. Dari situ sudah terlihat bahwa sholat lima waktu adalah sebuah kewajiban umat muslim. Untuk itulah penting sekali untuk mempelajari syarat-syarat sah sholat agar ibadah yang dilakukan diterima oleh Tuhan.

Syarat Wajib Shalat 5 Waktu

Apabila syarat wajib sholat lima waktu belum dipenuhi, maka ibadah sholat tidak akan sah, atau tidak diterima. Oleh karena itulah anda harus mengenal syarat apa saja yang wajib dilakukan ketika akan melaksanakan ibadah sholat. Dilansir dari situs hasana, berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi.

  • Beragama islam. Sesuai yang dijelaskan dalam Al-Qur’an bahwa setiap umat islam wajib melaksanakan ibadah sholat. Sedangkan umat non muslim tidak diwajibkan melaksankan sholat lima waktu.
  • Sudah baligh, atau sudah dewasa. Biasanya orang-orang yang sudah baligh berumur antara 12 – 15 tahun. Ciri dari anak yang sudah dewasa adalah untuk pria sudah mengalami mimpi basah dan untuk wanita sudah mengalami haid.
  • Memiliki akal alias tidak gila. Karena sholat merupakan sebuah ibadah yang menghubungkan antara Tuhan dan manusia maupun sebaliknya. Makanya orang-orang yang mengalami kelainan akal tidak diwajibkan melaksanakan sholat lima waktu.

Syarat Sah Shalat 5 Waktu

Selain syarat wajib, ada juga yang namanya syarat sah sholat. Ibadah sholat anda akan diterima atau sah apabila anda melakukan syarat-syarat di bawah ini.

  • Suci dari kotoran hadas besar dan kecil. Hadas kecil adalah hal-hal yang mampu membuat ibadah sholat batal, seperti kentut dan buang air kecil. Sedangkan hadas besar merupakan hal-hal seperti mimpi basah dan mengalami haid.
  • Menutup aurat dan menggunakan pakaian yang suci atau bersih. Usahakan mengenakan pakaian yang sedikit longgar untuk membuat anda sholat dengan lebih santai karena anda bisa bergerak dengan bebas. Jika menggunakan pakaian yang kekecilan, gerakan anda terbatas.
  • Ada di tempat yang suci. Karena untuk melakukan sholat harus dilakukan di tempat yang bersih. Karenanya ketika akan sholat, gunakanlah sajadah sebagai alas sholat agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai yang kotor.
  • Sudah memasuki waktu sholat. Karena anda tidak diperbolehkan melakukan sholat lebih cepat (sebelum waktunya) atau lebih lambat (melewati waktunya) dengan tepat.

 

Tags: